Skip to main content

Kalau Sudah Besar Mau Jadi Apa?

 Kalau sudah besar kamu mau jadi apa? Jawablah dengan tes Talenta

oleh 
Emma Farida


Assalamu’alaikum, Selamat Siang Sobat KIR Smanja, semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada tulisan kali ini yang merupakan pertemuan perdana ekstrakurikuler KIR 2020-2021, kita akan membahas artikel yang berjudul “Kalau sudah besar kamu mau jadi apa?”.
Sering tidak kalian mendengar judul artikel diatas? Mayoritas pasti menjawab sering. Apakah kalian juga pernah mengalami, di usia 5 tahun ingin jadi dokter, di usia 7 tahun berubah ingin jadi guru dan kemudian seiring bertambahnya usia, cita-citamu juga berubah lagi lagi dan lagi. Menurut kalian mengapa itu bisa terjadi? Jawabannya terletak pada lingkungan tempat kita berada, pengalaman yang setiap hari terjadi dalam hidup kita sehingga mengarahkan kita untuk menjadi individu seperti apa. 
Sebelum kita memikirkan pekerjaan di masa yang akan datang, marilah kita bersama-sama menemukan talenta apa yang sebenarnya sesuai dengan diri kita. Untuk itu pada pertemuan kali ini kita akan mencari tahu talenta dengan menggunakan alat bantu berupa tes bakat atau tes kecerdasan majemuk. Alat bantu ini pertama kali ditemukan oleh Prof. Howard Gardner yang berasal dari Amerika Serikat kemudian diadaptasi oleh para ahli sehingga menjadi alat tes yang seperti sekarang ini. 
Pasti kalian bertanya-tanya, apa itu kecerdasan majemuk. Sebelum kita melakukan tes nya, maka akan dijelaskan terlebih dahulu arti dari kecerdasan majemuk dan macamnya. Kecerdasan majemuk menurut salah satu artikel Paulus Winarto terdiri dari delapan kecerdasan yaitu kecerdasan verbal, matematik, visual, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Kecerdasan verbal atau disebut juga linguistik, identik dengan kemampuan menggunakan bahasa atau kata-kata secara efektif sedangkan kecerdasan logis atau matematis merupakan kemampuan menggunakan angka-angka dan enalaran logika dengan baik biasanya memiliki minat besar untuk bereksplorasi dan bertanya tentang fenomena yang menuntut jawaban logis. Untuk profesi yang mungkin dijalani bagi seseorang yang memiliki kecerdasan verbal diantaranya yaitu Pengajar, pengacara, politikus, wartawan, presenter, penyiar, tour guide, sales. Sedangkan untuk profesi yang sesuai untuk kecerdasan logis atau matematik diantaranya yaitu Insinyur, dokter, peneliti, pengacara, akuntan, programmer, analis sistem, analis keuangan, banker. 
Kecerdasan visual/ spasial merupakan kemampuan berpikir 2 atau 3 dimensi, termasuk pemahaman akan bentuk dan ruang serta hubungan antar benda dalam ruangan, memiliki kepekaan akan arah atau lokasi tertentu. Rumit ya, sesuai dengan tipenya yang rumit profesi yang  memungkinkan untuk dipilih diantarnya yaitu Arsitek, designer, perencana tata kota, seniman, fotografer, animator, pelaut, pilot, dsb. 
Kecerdasan kinestetik merupakan Kemampuan untuk menggunakan gerak tubuh atau bergerak dengan ketepatan (presisi) tinggi dan mengekspresikan ide atau perasaan melalui gerakan tertentu. Profesi yang memungkinkan diantaranya Atlet, penari, koreografer, pemeran pantomim, aktor/ aktris, model, pramugari, ahli jam, perakit senjata/ bom, dokter bedah, trainer atraktif, dsb. 
Kecerdasan musical merupakan Kemampuan untuk memahami, mengapresiasi, memainkan dan menciptakan musik serta memiliki kepekaan akan ritme, melodi atau nada. Profesi yang memungkinkan diantaranya Penyanyi, pencipta lagu, pemusik, komposer, guru vokal atau musik, dirigen, music director, video jockey, disc jockey, music arranger, dsb. 
Kecerdasan interpersonal merupakan Kemampuan untuk menjalin hubungan (berkomunikasi) dengan orang lain, memahami kebutuhan dan perilaku orang lain, mengenali perasaan dengan jeli, melihat dari sudut pandang orang lain (berempati), bekerja sama (teamwork), pandai membangun kepercayaan dan mempertahankan hubungan positif. Profesi yang memungkinkan diantaranya Pengajar, politikus, pebisnis, marketing communication, public relations, konsultan , pekerja sosial, aktor/ aktris, rohaniwan, perawat, terapis, dsb. 
Kecerdasan intrapersonal merupakan Kemampuan memahami, menganalisa, dan merefleksikan diri sendiri, mengenali kekuatan dan keterbatasan diri sendiri, serta menyadari perasaan, keinginan, harapan, dan tujuan hidup. Profesi yang mungkin diambil diantaranya Pelatih, pengajar, penulis, peneliti, konselor, psikolog, rohaniwan, entrepreneur, dsb. 
Kecerdasan naturalistik merupakan kemampuan untuk memahami alam sekitar, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan persamaan dan perbedaan karakteristik spesies flora dan fauna, secara secara efektif berinteraksi dengan alam. Profesi yang berkaitan misalnya Aktivis lingkungan hidup, ahli pertanian atau peternakan, spesialis budi daya hewan tertentu, pencinta alam, polisi hutan, dokter hewan, pengelola kebun binatang atau cagar alam, pengusaha binatang peliharaan, dsb. 
Berbagai kecerdasan majemuk yang telah kita bahas berhubungan dengan jenis profesi atau pekerjaan. Dengan mengetahui jenis kecerdasan atau talenta yang dimiliki maka akan mempermudah kalian untuk memilih pendidikan kedepan dan bahkan jenis pekerjaan yang akan nanti kalian geluti. Nah, Sobat KIR apakah kalian penasaran dengan talenta yang kalian miliki?
Dari pada kalian penasaran untuk itu silahkan kalian cek kecerdasan kalian pada link berikut ini!

Jika kalian sudah mengetahuinya, tulis di kolom komentar pada akhir tulisan ini ya. 
Jika kalian telah mengetahui talenta atau kecerdasan kalian, berikut ada tips untuk meningkatkan talenta menurut Paulus Winarto dalam artikelnya yang berjudul Optiming Your Talent. Tips untuk meningkatkan talenta yakni :
(1) Temukan dahulu apa sebenarnya talenta hidup kita,
(2). Teruslah belajar, keep Learning keep growing,
(3)Mentoring atau belajar dari seseorang yang mau berbagi dengan kita,
(4) Bangun impian berdasarkan talenta kita,
(5) MIliki sikap yang benar terhadap kegagalan, ingatlah kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda, jadi bersemangatlah!,
(6)Komunitas Talenta, perkumpulan dengan talenta yang sama,
(7) Temukan tempat untuk mempraktekkan talenda anda, 
Itulah Tips dan materi KIR tentang Talenta, jadi jika kalian ditanya kalau sudah besar mau jadi apa? Apakah kalian sudah tahu jawabannya? Semoga jawabannya memang pas ya.  Sampai bertemu lagi dengan tulisan Sobat KIR bulan depan. Semoga pertemuan kali ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.


Comments

  1. Tulis nama kalian dan hasil tes Kecerdasan kalian di kolom komentar ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Dwi Oxa Nurria Hermaliani Putri
      Kelas : 12 MIPA 3
      Hasil Tes :
      1.Kecerdasan Kinestik
      2.Kecerdasan Interpersonal
      3.Kecerdasan Naturalis

      Delete
  2. Waahh, bagus infonya buat mengetahui talenta siswa♡sukses semuanya✩

    ReplyDelete
  3. Nama: Sipa Nuraeni
    Hasil: → Kecerdasan Visual
    →Kecerdasan Interpersonal
    →Kecerdasan Intrapersonal

    Masya Allah keren bu testnya, sekarang saya jadi tau dimana letak talenta saya setelah mengisi testnya♡

    ReplyDelete
  4. Nama : Julian Eka Puspa
    Hasil : 1. Kecerdasan Interpersonal
    2. Kecerdasan Verbal
    3. Kecerdasan Naturalis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2n sekarang sudah mantap dengan jurusan kuliahnya ya Julian. Bismillah

      Delete
  5. Nama : Andreas Juliana
    Kelas : 12 MIPA 2
    Hasil Tes :
    1. Kecerdasan Musikal
    2. Kecerdasan Naturalis
    3. Kecerdasan Interpersonal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andreas memang ahlinya di seni, semoga beruntung ya.

      Delete
  6. Nama : Widhio Putra Prayogo
    Hasil : - Kecerdasan verbal
    - kecerdasan logis/matematik
    - kecerdasan intrapersonal

    Terimakasih atas tes nya, sangat bermanfaat, akhirnya bisa mengetahui potensi diri sendiri, dan bisa merencanakan kedepannya dengan segala keterbatasan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sama-sama Widhio, banyak jalan yang bisa membawa kita ke tempat tujuan. Tetap semangat widhio.

      Delete
  7. Nama : Dhea Rezkita H
    Hasil : 1. Kecerdasan musical
    2. Kecerdasan verbal
    3. Kecerdasan intrapersonal

    Terima kasih:)) ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dhea yang sekarang itu penulis, dancer juga, semoga hobi dhea membawa kebaikan untuk semua. Jadilah penulis hebat ya dhea.

      Delete
  8. Nama : Rani Selvia Azista
    Kelas : 11 MIPA 3
    Hasil :
    1. Kecerdasan logis/ Matematika
    2. Kecerdasan Interpersonal
    3. Kecerdasan Interpersonal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rani calon pengurus KIR 2020-2021 ya. Sukses ya.. Tetap fokus

      Delete
  9. Nama : Rani Selvia azista
    Kelas : 11 MIPA 3
    Hasil:
    1. Kecerdasan logis/ Matematika
    2. Kecerdasan Interpersonal
    3. Kecerdasan Intrapersonal

    ReplyDelete
  10. Nama: Addawia Azzahra
    Hasil: 1.Interpersonal
    2.Naturalis
    3.Kinestetik
    Terimakasih banyak atas tes nyaa💓

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca lagi tentang 3 kecerdasan tersebut. Sama-sama addawia.

      Delete
  11. Nama:Mochamad badruzzaman
    Hasilnya:verbal,logis,visual
    Saya berterima kasih atas tesnya dengan memahami tes ini jadi saya dapat menemukan puzzle yang hilang dalam cita-cita saya Terima kasih~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, tetap fokus ya.. Jangan hilang lagi puzzlenya badru

      Delete
  12. Nama saya Himmawan sapta adhu
    Hasilnya visual kinestik dan naturalis
    Beruntung sekali saya bisa mengisi test ini dikarenakan cita-cita saya sangat sederhana yaitu ingin menjadi seorang ahli di bidang oil and gas

    ReplyDelete
  13. Aamiin semoga berhasil. Namun matematika nya harus juga di asah. Keep learning oke

    ReplyDelete
  14. Nama: Ayu Lestari
    Hasil Tes:
    - Kecerdasan Logis/Matematik
    - Kecerdasan Interpersonal
    - Kecerdasan Naturalis

    Terimakasih🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayu calon ketua kita di tahun ajaran 2020-2021 ya. Sama-sama Ayu

      Delete
  15. Nama: Lisda Mawarni
    Kelas: 12 MIPA 3
    Hasil:
    • Kecerdasan Interpersonal
    • Kecerdasan Intrapersonal
    • Kecerdasan Verbal

    Terimakasih banyak tesnya ibu😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Lisda, verbal Oke. Namun matematika nya tetap dilatih ya da

      Delete
  16. Nama : Siti Mulyati
    Hasil : 1. Kinestetik
    2. Intrapersonal
    3. Naturalis

    Terimakasih banyak atas tesnya Bu,membuat saya jadi lebih percaya diri dan semangat dalam mengejar impian🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga sukses ya.. Tetap fokus dan salam kenal Siti

      Delete
  17. Nama : Rilla Cahaya Hati
    Hasil : 1. Kecerdasan Intrapersonal
    2. Kecerdasan visual
    3. Kecerdasan Interpersonal

    Terimakasih atas tesnya❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kecerdasan visual sangat jarang dimiliki setiap orang, sukses ya. Tetap fokus

      Delete
  18. Nama: Muhamad Dzikriansyah
    Hasil:
    1. Kecerdasan intrapersonal
    2. Kecerdasan visual
    3. Kecerdasan logis

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Dzikri. Visual kecerdasan yang jarang loh! Ttp Fokus ya

      Delete
  19. Nama : Reka Siti Fatimah
    Hasil :
    1. Kecerdasan kinestetik
    2. Kecerdasan Intrapersonal
    3. Kecerdasan naturalistik

    Terimakasih ibu atas tes nya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Reka, kinestetik??? Rupanya kecerdasan yg tersembunyi darimu Reka, semangat terus ya

      Delete
    2. Nama : Putri Nayla Hakim
      Hasil :
      1. Kecerdasan Interpersonal.
      2. Kecerdasan logis/matematik.
      3. Kecerdasan kinestetik.

      Terimakasih bu

      Delete
    3. Sama2 Putri, semoga bermanfaat ya

      Delete
  20. Nama: Faturrahman
    Hasil: 1) Logis/Matematik
    2) Interpersonal
    3) Intrapersonal
    Terima kasih bu, Dengan adanya Tes seperti ini. saya jadi ada pandangan kedepanya rencananya harus apa. Pas buat menyusun rencana 👍🏻

    ReplyDelete
  21. Nama: Zaulia Musfirah H.
    Hasil:
    1. Kecerdasan Naturalis
    2. Kecerdasan Logis/matematik
    3. Kecerdasan Verbal

    Sangat bermanfaat, terima kasih!

    ReplyDelete
  22. Keren, salam buat anak-anak semua pelajar hebat dan guru luar biasa

    ReplyDelete
  23. Nama : Qoulan Adinda Meilia
    Kelas : 12 ipa 7
    Hasil :
    2. Kecerdasan logis/matematika
    3. Kecerdasan visual
    6. Kecerdasan interpersonal


    Terimakasih ibu, untuk blognya sangat bermanfaat sekali untuk bisa lebih yakin menentukan cita" 😊🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

September Berpuisi

September Berpuisi Hallo, semuanya👐 kali ini mimin bakalan memberitahu kalian tentang program KIR dibulan September ini. Seperti yang tertera di judul, pasti kalian sudah tahu, kalau kali ini keanggotaan KIR ditantang untuk membuat sebuah puisi. Dan yang pasti puisinya itu sangat beragam sekali tema-nya, dan hasilnya juga keren-keren semua. Kalau kalian mampir ke sini pasti penasaran kan? Ayo ngaku! Ya sudah, karena mimin yang baik ini tidak tega melihat kalian penasaran, jadi kita langsung aja yuk melihat karya-karyanya😉 Yang pertama, ada karya dari Teh Dias. Yang kedua, ada karyanya Aura nih. Yang ketiga, karya dari Teh Rilla Yang keempat, ada karyanya Putri. Yang kelima, ada karyanya Suci. Yang keenam, ada karyanya Dela Yang ketujuh, ada karyanya Wildan. Yang terakhir, ada karya dari Teh Siti Itu dia puisi karya anggota Kelompok Ilmiah Remaja. Gimana nih puisi-puisinya? Past

Kata-Kata Keren Motivasi Anak KIR SMAN 1 JATILUHUR

Kelompok Ilmiah Remaja  Berquotes  Belum lama ini KIR SMANJA membuat beberapa quotes mutiara, dan motivasi. Cek ig kami di  https://www.instagram.com/p/B9dYkHmpWWl/?igshid=1dqezwrpqtqbr