Skip to main content

Pengobatan Imunoterapi Kanker Solusi Membunuh Kanker

   PENGOBATAN IMUNOTERAPI KANKER SEBAGAI JAWABAN SEGALA KANKER

                        sumber : www.jawaPos.com

 Apa itu kanker ?
Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh.
Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.
Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyam di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena pada umumnya penyakit ini tidam menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut.
  

Apa Sebenarnya Imunoterapi?

Menurut sumber dari American Cancer Society, imunoterapi adalah sebuah metode terapi untuk kanker yang dilakukan dengan mengandalkan bagian tertentu dari sistem imunitas untuk membentuk perlawanan alami terhadap sel kanker.
Di sini, sistem imunitas alami tubuh mendapat stimulasi atau mendapatkan semacam bantuan untuk dapat bekerja ekstra melawan sel kanker yang saat ini berkembang dalam tubuh. Terapi imun semacam ini sebenarnya termasuk dari bagian terapi biologi. Ini akan berkembang menjadi terapi untuk kanker dari pendekatan biologi alami tubuh manusia.
Belakangan, terapi untuk kanker dengan metode imunoterapi banyak dikembangkan oleh kalangan onkologi karena dipandang memiliki unsur efek samping yang jauh lebih terkendali juga dianggap efektif untuk beberapa jenis kanker.
Ini karena cara kerja dari terapi ini lebih fokus untuk meningkatkan manfaat dari sumber daya yang sudah secara alami dimiliki tubuh. bukan dengan menambahkan obat-obatan tertentu dari luar yang disinyalir tetapi memiliki efek negatif dalam jangka panjang.
Imunoterapi sendiri bekerja dengan beberapa pendekatan. Beberapa dilakukan dengan mendorong sistem imunitas bekerja ekstra dan lebih agresif. Beberapa dengan mendorong sistem imunitas menjadi lebih efektif menemukan karakter tertentu dari sel kanker sehingga lebih ampuh membunuh sel kanker yang saat ini tengah berkembang pada tubuh pasien.
Terapi untuk kanker ini akan bekerja dengan memberikan semacam sel-sel imunitas yang sudah dimodifikasi di luar tubuh untuk lebih sensitif terhadap protein atau senyawa kimia tertentu yang dihasilkan oleh sel kanker tertentu.
Atau dengan cara menambahkan protein tertentu dalam tubuh yang akan meningkatkan keampuhan sel imun dalam menyerang kanker. membantu sel limfosit untuk melemahkan pertahanan kimiawi dari sel kanker sehingga lebih mudah untuk diserang dan dimatikan. Imunoterapi kanker bertujuan untuk menstimulasi sistem imun untuk secara spesifik menargetnan dan membunuh sel kanker. 
Pada kondisi normal, sistem imun berfungsi untuk mendeteksu dan menghancurkan sel "asing" atau abnormal di dalam tubuh dengan mengerahkan pasukan sel T.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Imun?
Untuk cara kerja dari sistem imun antara lain :
  • MENCARI :  Sel T mencari semua hal yang berbahaya bagi tubuh.
  • MEMINDAI : Sel T memindai sel T memindai sel-sel untuk membedakan antara sel yang normal dan abnormal atau 'asing'. 
  • MENYINGKIRKAN: Ketika terdeteksi, sel abnormal diserang dan disingkirkan oleh sel T.
                        sumber : www.alodokter.com

Sebagian besar masyarakat kurang memperhatikan kesehatan diri dan kurangnya kesadaran untuk berkonsultan kepada dokter. Hal ini sering kali disepelekan oleh masyarakat yang beranggapan bahwa ini hnyalah penyakit yang masih bisa ditangani sendiri dengan obat-obattan tradisional, tetapi hal ini dilakukan tanpa mengetahui akar penyebab yang jelas dan akurat. Pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh dapat menyebabkan sel kanker. Dampak terburuknya, sel kanker ini dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh sehingga berisiko membahayakan nyawa. 
Rutin konsultasi kesehatan pada dokter mampu membantu dalam mencegah terjadinya kanker dan dapat diketahui  lebih cepat apabila terjadinya kanker pada seseorang. 

Bagaimana sistem kerja dari pengobatan Imunoterapi Kanker? 


Pengobatan dengan imunoterapi dilakukan agar sistem imun lebih cerdas mengenali sel kanker serta memperkuat respon sistem imun terhadap sel kanker, sehingga perkembangan sel-sel yang ganas dapat diperlambat, bahkan dihentikan.
Imunoterapi dipilih sebagai penanganan kanker dengan berbagai alasan berikut ini:
  • Imunoterapi dinilai lebih efektif dibandingkan pengobatan kanker lainnya, seperti radiasi atau kemoterapi, terutama pada kanker kulit.
  • Imunoterapi dapat membantu efektivitas pengobatan lain yang sedang dilakukan. Contohnya, kinerja kemoterapi bisa lebih baik saat pasien juga menjalani imunoterapi.
  • Imunoterapi memiliki efek samping lebih kecil dibandingkan pengobatan lain, karena imunoterapi membuat sistem imun hanya menyerang sel kanker secara spesifik.
  • Imunoterapi dapat meminimalkan kanker muncul kembali, karena pengobatan ini memicu imunomemori, yaitu kemampuan sistem imun untuk mengingat sel kanker, sehingga akan segera diserang bila muncul kembali.



                 sumber : www.wikipedia.org


Diagram di atas merupakan proses terapi reseptor antigen sel T chimeric (CAR). Ini merupakan metode imunoterapi kanker yakni praktik yang berkembang dalam pengobatan kanker. Hasil akhirnya adalah produksi sel T yang lengkap yang dapat mengenali dan melawan sel kanker yang terinfeksi dalam tubuh.

  1. Sel T (diwakili oleh objek yang berlabel 't') dikeluarkan dari darah pasien.
  2. Kemudian di laboratorium, gen yang menyandi untuk reseptor antigen spesifik dimasukkan ke dalam sel T.
  3. Sehingga menghasilkan reseptor CAR (diberi label sebagai c) pada permukaan sel.
  4. Sel T baru yang dimodifikasi ini kemudian dipanen dan ditumbuhkan lebih lanjut di laboratorium.
  5. Setelah periode waktu tertentu, sel T yang direkayasa diinfuskan kembali ke pasien.

Imunoterapi kanker bekerja pada tahap pembentukan dan aktivasi pasukan sel T di kelenjar getah bening dan penghancuran sel kanker di dalam tumor, beberapa contoh imunoterapi kanker yang telah dikembangkan antara lain anti PD-L1, anti PD-1, dan anti CTL4.

REFERENSI :


Comments

Popular posts from this blog

September Berpuisi

September Berpuisi Hallo, semuanya👐 kali ini mimin bakalan memberitahu kalian tentang program KIR dibulan September ini. Seperti yang tertera di judul, pasti kalian sudah tahu, kalau kali ini keanggotaan KIR ditantang untuk membuat sebuah puisi. Dan yang pasti puisinya itu sangat beragam sekali tema-nya, dan hasilnya juga keren-keren semua. Kalau kalian mampir ke sini pasti penasaran kan? Ayo ngaku! Ya sudah, karena mimin yang baik ini tidak tega melihat kalian penasaran, jadi kita langsung aja yuk melihat karya-karyanya😉 Yang pertama, ada karya dari Teh Dias. Yang kedua, ada karyanya Aura nih. Yang ketiga, karya dari Teh Rilla Yang keempat, ada karyanya Putri. Yang kelima, ada karyanya Suci. Yang keenam, ada karyanya Dela Yang ketujuh, ada karyanya Wildan. Yang terakhir, ada karya dari Teh Siti Itu dia puisi karya anggota Kelompok Ilmiah Remaja. Gimana nih puisi-puisinya? Past

Kata-Kata Keren Motivasi Anak KIR SMAN 1 JATILUHUR

Kelompok Ilmiah Remaja  Berquotes  Belum lama ini KIR SMANJA membuat beberapa quotes mutiara, dan motivasi. Cek ig kami di  https://www.instagram.com/p/B9dYkHmpWWl/?igshid=1dqezwrpqtqbr